Selasa, 10 Januari 2012

Book Report

-->
TUGAS BOOK REPORT


Buku: Instructional Technology And Media For Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar,
Penulis: Sharon E. Smaldino, Deborah L. Lowther, Penerbit: Prenada Media Group, .
Edisi Kesembilan
Berat   1.29 kg
Jumlah Halaman : 494 halaman
Tahun   2011
ISBN   9786028730594

Buku panduan ini merupakan Edisi Kesembilan Instructional Technology and Media for Learning : Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar menunjukan bagaimana seluruh teknologi dan format media dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran kelas dengan menggunakan metode ASSURE untuk perencanaan pembelajaran.   Ditulis dari sudut pandang seorang guru, buku teks akan menunjukan secara spesifik dan realistic bagaimana teknologi dan media dapat pas dengan kehidupan sehari hari di ruang kelas.   Tujuannya untuk membantu para pendidik menyertakan teknologi dan media ke dalamsajian mereka- untuk menggunakan merek sebagai perangkat mengajar dan memandu siswa menggunakan mereka sebagai perangkat pembelajaran.
Edisi baru ini diharuskan oleh perkembangan luar biasa inovasi di seluruh aspek teknologi, khususnya yang berkaitan dengan internet dan jaringan komputer dan internet.   Buku teks ini telah diperbarui untuk merefleksikan tren yang sedang berakselerasi menuju pendigitalan informasi dan menggunakan sumber daya telekomunikasi oleh sekolah seperti web.   Edisi kesembilan ini, juga menyasar interaksi antara peran guru, koordinator teknologi, dan spesialis media sekolah, seluruh tim pendukung dan saling terkait dalam sekolah.
Buku Teks ini berisi tentang teknologi instruksional yang menyediakan sumber daya untuk guru dan siswa untuk membuat hasil yang maksimal dari teknologi baru dan di munculkan di kelas dalam bentuk media. Edisi kesembilan ini memberikan fokus baru pada pembelajaran abad dua puluh satu  dan menyediakan informasi baru dan diperbaharui di tool web 2.0 dan diperluas dalam bentuk website dan Buku ini dilengkapi klip video dengan panduan kegiatan / DVD sebagai  sumber daya pendidikan. Buku ini  mencakup semua aspek audio, video, komputer dan teknologi pembelajaran jarak jauh dan menyediakan berbagai latihan, pelajaran sampel dan sumber daya terpadu. menyediakan akses ke sumber daya guru, termasuk tes dan slide PowerPoint. Teknologi pembelajaran tumbuh kembang dari praktik dan gerakan komunikasi audio visual. Pada mulanya teknologi ini dilihat sebagai suatu teknologi pembelajaran yang berkaitan dengan penggunaan peralatan, media dan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan atau pengajaran dengan alat bantu audiovisual. Teknologi pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi tentang proses dan sumber untuk belajar.
Selain itu, buku ini juga dipenuhi dengan contoh-contoh yang diambil dari situasi otentik pendidikan dasar dan menengah, melukiskan gambaran yang jelas tentang teknologi dan media yang meningkatkan dan mendukung pengajaran dan pembelajaran didukung dengan video, refleksi dipandu petunjuk, dan rencana pelajaran yang menunjukkan integrasi teknologi yang kuat dan perencanaan pelajaran. Selain mempersiapkan pendidik dengan praktik terbaik untuk menggabungkan teknologi dan media untuk memenuhi kebutuhan peserta didik di abad 21, buku ini meliputi cakupan yang kuat dari keprihatinan hak cipta,  sumber daya yang murah dan  media, serta teori belajar dan model instruksional. Pembaruan edisi sembilan mencerminkan kecenderungan percepatan menuju digitalisasi informasi dan penggunaan teknologi di sekolah, terutama di era Web 2.0. Edisi sembilan ini juga membahas interaksi antara peran guru, koordinator teknologi, dan media sekolah spesialis, semua tim yang saling melengkapi dan saling bergantung di sekolah.
Buku ini berbasis model ASSURE, dengan pola pikiran terpadu bagi guru untuk mengaplikasikan perangkat sekarang dan masa depan seperti komputer, internet, perangkat belajar jarak jauh dan teknologi audio visual. Disampaikan pula video berbasis kelas yang menggambarkan penggunaan efektif dari teknologi pendukung.
Buku ini menunjukkan bagaimana seluruh teknologi dan format media dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran kelas dengan menggunakan model ASSURE untuk perencanaan pelajaran. Ditujukan bagi para pendidik diseluruh level, untuk membantu pendidik menyertakan teknologi dan media ke dalam pengajaran. Dengan ciri yang meyakinkan, model integrasi teknologi di dalam kelas, buku ini juga memberikan sebuah kerangka kerja yang mengajarkan kita untuk menerapkan apa yang  telah kita pelajari tentang komputer, multimedia, internet, pembelajaran jarak jauh, dan teknologi audio / visual pada abad ke 21. Metode mengajar untuk meningkatkan pembelajaran siswa berubah secepat teknologi muncul. Apapun, penggunaan media pembelajaran berbagai bentuk dan teknologi dalam pengajaran, baik baru atau tua, dapat memiliki dampak yang mendalam pada siswa belajar.

Resume  Buku Instructional Technology And Media For Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar Terdiri Dari : 12 BAB

Bab 1 : Teknologi dan Media : Memudahkan Pembelajaran
Bab ini di mulai dengan  pentingnya teknologi dan media di dalam proses belajar, sifat belajar, dan berbagai jenis pembelajaran dan perspektif dalam kegiatan belajar. Bab ini juga membahas peran teknologi dan media dalam belajar baik dari perspektif guru maupun perspektif siswa, sehingga guru dan buku teks tidak lagi menjadi seluruh sumber informasi.   Para siswa dapat belajar dalam berbagai lingkungan, keterampilan atau sikap baru tatkala siswa berinterksi dengan informasi dan juga lingkungan, mulai dari ruang kelas formal hingga belajar informal yang mandiri.  Pendidikan jarak jauh dan format belajar mandiri bisa menjadi wahana bagi penyediaan pengajaran. Baik itu pengajaran tatap muka  di ruang kelas maupun pendidikan jarak jauh sama-sama tidak efektif terlibat dengan bahan-bahan dan memiliki kesempatan  berlatih dengan umpan balik.  Bab ini juga memperkenalkan berbagai strategi untuk meningkatkan pembelajaran.

BAB 2 : Strategi – Strategi Pengajaran : Memadukan Teknologi Dan Media
Bab ini, membahas tentang empat teori belajar utama yang berdampak pada strategi pengajaran yang digunakan dalam ruang kelas.  Terdapat dua kelompok strategi pengajaran yang berpusat pada guru dan yang berpusat pada siswa.  Strategi pembelajaran itu meliputi : presentasi, demonstrasi, latihan dan praktik, tutorial, diskusi, pmbelajaran kooperatif, permainan, simulasi, penemuan dan penyelesaian masalah. Sementara tidak ada satu pun cara yang paling tepat untuk mengajar, guru memiliki berbagai macam strategi pengajaran yang bisa di gunakan untuk membantu memudahkan pembelajaran siswa.  Para guru perlu membuat keputusan tentang kebutuhan belajar para siswa mereka dan memilih strategi pengajaran  yang paling cocok untuk membantu para siswa mencapai hasil belajar.



BAB 3 : Prinsip-Prinsip Visual : Merancang Materi yang Efektif
Bab ini membahas pentingnya perancangan dan penggunaan visual dalam belajar, membuat panduan untuk membuat visual yang efektif dan menjelaskan literasi visual.  Literasi visual dapat dilakukan dengan dua pendekatan utama yaitu : 1) Strategi Input.”Membantu para pemelajar untuk memahami atau memvaca Visual secara fasih. 2) Strategi Output, membantu para pemelajar untuk menyandikan atau menulis visual untuk menyatakan diri merek sendiri dan berkomunikasi dengan orang lain.   Para siswa lebih baik belajar ketika visual  yang di gunakan dalam instruksi, selain itu bab ini juga membahas berbagai peran yang dijalankan visual dan menjelaskan enam jenis visual.  Bab ini memberikan panduan penting baik untuk unsur visual maupun verbal, peranti yang di jadikan di sini akan membantu anda dan siswa dalam merencanakan, membuat dan menangkap visual sehingga pembelajaran dapat efektif dan dapat meningkatkan belajar siswa.

BAB 4 : Model Assure : Menciptakan Pengalaman Belajar
Bab ini memperkenalkan model Assure dan memperlihatkan bagaimana model itu bisa digunakan untuk merencanakan mata pelajaran yang secara efektif menggunakan teknologi dan media untuk mendukung dan meningkatkan pembelajaran siswa, Model itu menggabungkan bagian yang paling penting dari perencanaan pengajaran dengan membahas pertanyaan berikut :
1.      Siapakan audiens anda?
2.      Tujuan belajar apa yang anda akan gunakan agar sesuai dengan standar?
3.      Strategi, teknologi, media dan material yang mana yang akan anda dan pembelajar gunakan?
4.      Bagaimana anda dan para pembelajar  anda bisa memanfaatkan materi dengan sebaik-baiknya?
5.      Bagaimana anda melibatkan para pembelajar dalam belajar?
6.      Bagaimana anda mengevaluasi baik pembelajar anda maupun pengajaran anda?
7.      Apa yang sebaiknya anda revisi jika anda menjalankan mata pelajaran lagi.
BAB 5 : Komputer dan Multimedia: Mengakses dunia Digital
Bab ini membahas tentang komputer yang sejauh ini merupakan perangkat  teknologi pengajaran  paling umum dan paling penting yang di gunakan dalam pendidikan.  Para siswa bisa menggunakan komputer untuk pengalaman belajar yang efektif dan langsung dirasakan. Guru bisa menggunakan komputer untuk membantu mengumpulkan informasi  mengenai kemajuan siswa di ruang kelas dan untuk menyiapkan material  pengajaran.  Entah itu memiliki satu atau beberapa komputer di ruang kelas.  Kita bisa secara efektif memadukanya  ke dalam pembelajaran  siswa.  Banyak sekolah memiliki lab komputer, tetapi kecenderungan adalah menjadikan kereta laptop tersedia sehingga ruang kelas apapun dapat diubah menjadi seperti sebuah lab.  Teknologi perangkat genggam juga berhasil di gunakan oleh para siswa sebagai perangkat instruksional.

BAB 6 : Pendidikan Jarak Jauh : Menguhubungkan para Pelajar Melampaui Ruang Kelas
Pada Bab ini membahas bagaimana pendidikan jarak jauh bisa digunakan oleh para siswa yang tidak berada pada lokasi yang sama.  Baik audio dan televisi merupakan sumber daya yang telah digunakan bertahun-tahun dalam situasi  pengajaran jarak jauh.  Sejalan dengan kemajuan teknologi, sumber daya ini telah di gabungkan ke dalam lebih banyak kesempatan belajar bagi para siswa.  Salah satu keuntungan utama dari memiliki akses pada sumber daya audio dan televisi adalah bahwa guru bisa memperkuat belajar siswa dan membawa sumber daya tambahan  ke dalam ruang kelas.  Gabungan antara ruang kelas umumnya dan sumber daya pendidikan jarak jauh telah memungkinkan bagi siswa dari seluruh tingkat kemampuan untuk meningkatkan pendidikan mereka.

BAB 7 : Belajar Online : Belajar Melalui Jaringan Internet dan Komputer
Pada Bab ini membahas tentang belajar Online (juga dikenal sebagai belajar electronic learning atau e-learning ) merupakan hasil pengajaran yang disampaikan secara elektronik menggunakan media berbasis komputer.   Kesempatan belajar online terus meluas.  Lebih banyak sumber daya yang tersedia bagi para siswa  dan guru untuk meningkatkan dan memperluas kegiatan ruang kelas. Guru tidak lagi terbatas pada material yang mereka miliki dalam ruang kelas mereka atau dalam pusat media sekolah.  Mereka bisa mengakses sumber daya dari seluruh dunia.  Mereka bisa memberikan siswa dengan pengalaman seperti webquest yang membantu mereka untuk belajar menggunakan internet sebagai sumber informasi.  Para siswa bisa menjangkau siswa lainya dan para ahli untuk bertugas gagasan.  Internet telah  membuka  ruang kelas pada pelimpahan informasi di seluruh dunia.


BAB 8 : Material dan Display Pengajaran : Menggunakan Media untuk Melibatkan Pembelajar
Pada Bab ini membahas tentang Materi pengajaran berwujud dalam berbagai format.  Dari salah satu ujung dari kontinum konkret abstrak hingga ke ujung  satunya.  Dari objek ril hingga material cetakan dibawa ke ruang kelas.  Mereka bisa menjadi alat yang efektif untuk melibatkan  siswa dan memudahkan belajar jika di gunakan  sebagaimana mestinya.  Mereka bisa di pajang dalam berbagai cara pula. Bab ini menelusuri penggunaan materi tersebut dalam pusat belajar, modul pengajaran dan pameran.  Kami telah membahas keuntungan dan keterbatasan mereka serta kapan dan bagaimana menggunakannya secara efektif.

BAB 9 : Visual : Meningkatkan Belajar dengan Visual
Pada Bab ini membahas tentang sifat dan integrasi berbagai visual dalam belajar.  Bab ini membahas tentang pemilihan dan penggunaan berbagai jenis visual  terproyeksi maupun non terproyeksi.  Visual non terproyeksi, peranti lunak presentasi, visual digital, kamera dokumen dan OHP seluruhnya memiliki keuntungan dan keterbatasan serta teknik untuk memadukan dan memanfaatkan mereka di ruang kelas.  Visual merupakan salah satu alat penting bagi pembelajaran dan seharusnya digunakan semestinya baik oleh anda maupun siswa kita.
                         

BAB 10 : Audio : Menyimak dan Belajar
Pada Bab ini membahas tentang menekankan pentingnya audio dalam pengajaran dan belajar, menelusuri berbagai cara untuk menggunakan audio dalam ruang kelas, dengan menjelaskan  baik format audio digital mapun analog.   Karena, sebenarnya para siswa SD biasanya menghabiskan waktunya kira-kira 50 % dari waktu sekolah mereka untuk menyimak sehingga pentingnya pengalaman audio dalam ruang kelas tidak diremehkan.  Di sepanjang bab ini telah membahas banyak teknik untuk memilih berbagai format dan material audio, serta teknik untuk membuat  dan menyunting material audio.  Media audio menyajikan keuntungan dan keterbatasan yang mencolok.  Bab ini juga membahas proses mendengar dan menyimak cukup terperinci, termasuk teknik-teknik untuk mengembangkan kemampuan menyimak.

                                                                                                                
BAB 11 : Video : Meningkatkan Belajar dengan Gambar Bergerak
Pada Bab ini membahas tentang karakteristik dan penggunaan efektif dari video dalam belajar.   Video untuk merujuk pada penyimpanan elektronik dari gambar-gambar bergerak ( kaset video,DVD, video berbasis kompyter, dan video internet ). Video dapat diproduksi oleh siswa dan guru.   Para siswa saat ini terbiasa belajar melalui televisi dan media bergerak lainnya.  Ada banyak aplikasi video yang menarik di ruang kelas.  Video menyediakan karakteristik khusus yang bisa di sediakan  dalam belajar terutama yang melibatkan gambar bergerak.  Bab ini telah menyajikan atribut-atribut  khusus video  bersama dengan keuntungan  dan keterbatasanya, bagaimana memilih, memproduksi  dan memadukan video ke dalam kegiatan belajar siswa. Memproduksi video bisa bersifat pendidikan bagi para siswa dan memungkinkan peran guru untuk menyajikan materi

BAB 12 : Tren dalam Teknologi dan Media : Melihat kedepan              
Pada Bab ini membahas tentang kecenderungan dalam teknologi dan media yang telah memiliki dampak yang signifikan pada sekolah dan memberikan penampakan sekilas mengenai sekolah di masa depan.Teknologi dan media pendidikan memberikan perangkat untuk melibatkan siswa dalam belajar.  Sebagai seorang guru, harus siap memilih perangkat terbaik untuk siswa.  Perangkat semacam itu menawarkan kemungkinan hebat  untuk pengembangan pembelajaran. Dengan mengikuti model ASSURE Guru mulai menciptakan pengalaman belajar dengan menakar karakteristik siswa anda dan tujuan – tujuan belajar yang akan dicapai. Guru bagaimanapun juga berbeda-beda dalam memadukan teknologi dan media ke dalam proses ini.  Bab ini di akhiri dengan menjelaskan masa depan pendidik dalam bidang ini. Untuk membantu pendidik terus di perbarui, penjelasan organisasi profesional dan jurnal profesional di sertakan.  Pendidik akan menjadi bagian dalam menentukan penggunaan teknologi dan media di masa depan--- manfaatkan semua itu bagi pembelajaran ASSURE.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar