Selasa, 05 Juni 2012

PPT Studi Perbandingan Kurikulum SMA Jepang dan Indonesia

<div id="__ss_13217523" style="width: 425px;"><strong style="margin: 12px 0pt 4px; display: block;"><a target="_blank" title="Ppt kurikulum jepang dan indonesia" href="http://www.slideshare.net/AprizalEfendi/ppt-kurikulum-jepang-dan-indonesia-13217523">Ppt kurikulum jepang dan indonesia</a></strong> <iframe height="355" frameborder="0" width="425" scrolling="no" allowfullscreen="" marginheight="0" marginwidth="0" src="http://www.slideshare.net/slideshow/embed_code/13217523"></iframe>
<div style="padding: 5px 0pt 12px;">View more <a target="_blank" href="http://www.slideshare.net/thecroaker/death-by-powerpoint">PowerPoint</a> from <a target="_blank" href="http://www.slideshare.net/AprizalEfendi">AprizalEfendi</a></div>
</div>

Studi Perbandingan Kurikulum SMA Jepang dan Indonesia


PERBANDINGAN  KURIKULUM DI  SEKOLAH MENENGAH ATAS DI JEPANG DAN INDONESIA

A.    PENDAHULUAN

1.      Latar belakang

Dalam rangka menjadikan kehidupan sebuah bangsa lebih baik dan tidak tertinggal dengan perkembangan zaman serta meningkatkan kualitas hidup suatu masyarakat. Suatu proses “membandingkan” dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan yang kita miliki di dunia internasional dan mengetahui perkembangan yang ada. Manusia, sadar atau tidak sadar, pada dasarnya selalu melakukan penilaian terhadap dirinya dengan melihat aspek kehidupan yang sama pada orang lain. Tanpa perbandingan, proses kehidupan mungkin akan berjalan lamban, atau mungkin pula hampir-hampir tidak pernah berubah ke arah yang lebih baik (elsSarteknolog008 : 2011 ).
Studi perbandingan merupakan suatu proses yang memiliki manfaat nyata, terutama untuk melakukan sebuah peningkatan terhadap kualitas pendidikan suatu bangsa. Dengan melihat dan mengkaji keunggulan-keunggulan dan hasil yang telah dicapai oleh suatu negara yang menggunakan suatu sistem pendidikan dan pedoman yang telah ditetapkan, kita dapat mengevaluasinya dengan bagaimana sistem pendidikan dan pedoman yang ada di tanah air. Apakah kita telah memperoleh hasil yang optimal atau justru sebaliknya dengan sistem dan pedoman yang kita tetapkan (elsSarteknolog008 : 2011 ).
Kurniawan  ( 2011 ) menyatakan sistem pendidikan merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas suatu negara, utamanya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di dalamnya. Dalam hal ini, perlu adanya komparasi sistem pendidikan antara negara sendiri dengan negara lain sebagai kajian meningkatkan mutu pendidikan yang ada. Menyoroti sistem pendidikan yang ada di negara-negara maju disini kami memilih negara Jepang untuk dikomparasikan dengan negara Indonesia.
Negara Jepang memiliki SDM yang mampu bersaing dengan negara-negara maju lainnya, yang dikenal sebagai “Macan Asia”. SDM Jepang menempati peringkat 10 besar dunia menurut HDI (Human Development Index). Adanya perkembangan SDM yang luar biasa ini, yang tidak bisa lepas dengan adanya sistem pendidikan yang bermutu.  Sistem pendidikan di Jepang secara umum dapat dikatakan jauh lebih baik jika dibanding Indonesia. Pendidikan di Jepang sesuai dengan karakter dan budaya orang Jepang. Dari beberapa aspek nampaknya sistem pendidikan di Jepang dapat kita jadikan pedoman, namun tak seluruh dari sistem di sana harus kita tiru seutuhnya. Kita harus dapat menyaring beberapa komponen dan aspek untuk kita adopsi pada sistem pendidikan Indonesia. Untuk mengetahui bagaimana sisi kelemahan dan kelebihan yang dapat dijadikan pedoman maka perlu adanya perbandingan kurikulum di  Sekolah Menengah Atas  di Jepang dan Indonesia.